Home » , » cara memilih Backlink yang berkualitas bagus

cara memilih Backlink yang berkualitas bagus

Zul Kadry | 16.09 | 0 komentar
Entah bagaimanapun backlink tetap akan menjadi patokan dasar sebuah SEO. Karena SEO offpage didasari oleh backlink yang menuju ke website anda. Kalau website anda kaya backlink, google akan menganggap website anda terkenal, punya relasi, menjadi rekondasi oleh website lain sehingga google akan lebih memprioritaskan website anda meempati ranking yang lebih baik dari pada website yang kere backlink.
Ada dua hal Faktor utama yang harus anda kejar dalam mencari backlink, pertama kuantitas yaitu pasanglah backlink sebanyak-banyaknya. Kedua kualitas, yiatu seberapa besar pengaruh backlink itu terhadap kecepatan menaikan pangkat anda di mata google. Antara dua aspek, kuatitas dan kualitas manakah yang paling berpengaruh? Jawabannya adalah kuantitas. Satu banklink yang berkualitas lebih utama dari 100 backlink yang tidak berkualitas sehingga wajar saja banyak jasa pasang backlink yang menwarkan harga mahal karena mereka yakin baklink mereka benar-benar berkualitas.
Artikel kali ini saya ingin membahas 5 poin dasar kualitas sebuah backlink agar bila suatu saat anda beli backlink bisa benar-benar menilai kualitas backlink yang anda beli. Sedangkan kalau soal pasang backlink secara gratis saya cenderung membabi buta, asal ada backlink yang bisa dipasang biarpun jelek gak masalah yang penting punya backlik , toh gratis.

1. Pagerank Backlink

Kalau ini sudah jadi rahasia umum bahwa backlink berpagerank sangat mahal harganya.  Coba saja anda psang sebanyak-banyak backlink ke website anda sampai pagerank anda menjadi 3 , kalau backlink yang anda sebar rata-rata kualitasnya rendah bisa butuh 1000 backlink. Tapi kalau anda bisa mendapatkan backlink dari website berpagerank tinggi mungkin cukup 100 backlink aja bikin pagerank anda naik.
dari pengamatan saya, website berpagerank 3 masih bisa digeser posisinya oleh website berpagerank di bawah 3. Tapi kalau sudah masuk 4 ke atas sulit deh ada website berpagerank 0, 1, atau 2 bisa mengalahkannya untuk hasil pencarian suatu kata kunci.
Untuk mengetahui pagerank suatu website, bisa anda menggunakanplugin SEO QUAKE untuk browser mozilla. Dengan menginstall plugin SEOQUAKE ini, setiap anda melakukan search di google menggunakan mozilla firefox, otomatis hasil pencariannya akan memperlihatkan nilai pagerank website yang muncul.

2. Usia Domain

Usia domain backlink juga berpengaruh, semakin tua semakin dipercaya google. untuk menghitung usia sebuah domain bisa menggunakan domain age check tool.
3. Backlink Konten yang berkorelasi.
Backlink konten artinya memasang backlink dalam konten. Dan konteng yang ditulis bukan asal-asalan. Backlink yang berkualitas adalah backlink yang ditulis di sebuah konten atau posting yang konteknya sesuai dengan backlink tersebut. Misalkan website anda adalah tentang makanan, tentunya konten yang ditulis juga tentang makanan. Dari prinsip inilah muncul yang namanya bisnis review.
4. Anchor text backlink
Anchor text adalah text yang dituliskan sebagai tautan backlink. Anchor text bisa menjadikan website anda menjadi menempati ranking yang tinggi sesuai anchor text tersebut. Sebagai kasus adalah kata kunciclick here, yang menjadi nomor satu kalau tidak salah (berarti benar) yaitu http://get.adobe.com/reader/. Padahal kalau dicek diwebsitenya kata click here malah tidak ada. Kenapa bisa jadi nomor 1 di google. Jawabannya adalah kebanyakan website di dunia online akan merekomendasikan untuk mendownload Adobe reader dengan tulisan anchor link click here dan ini mungkin sudah terjadi ratusan juta kali. Jadilah http://get.adobe.com/reader/ menjadi nomor satu.
Kalau anda ingin menjadi nomor satu di google dari satu keyword tertentu , sebar aja backlink yang berkualias dengan anchor text keyword tersebut. Asal jangan terlalu extrim artinya terlalu banyak dalam waktu singkat misalnya 1000 backlink dalam 1 hari. Karena bisa dicurigai sebagai spam, kalau tidak begitu gunakan variasi anchor text yang lain.

5. Dofollow backlink

Apakah dofollow backlink itu? secara umum backlilnk dofollow adalah backlink yang dihitung mempengaruhi pagerank. Dan apakah backlink yang nofollow tidak dihitung sebagai backlink? Hal ini masih menjadi perdebatan. Menurut saya, apakah backlink nofollow diperhhitungkan sebagai backlink tergantung pada algoritma yang diterapkan kepada google. Bisa saja saat ini backlink nofollow tidak ada artinya, tapi bisa saja besok suatu saat backlink dofollow ataupun nofollow sama saja. sehingga saat ini saya tidak begitu peduli dengan dofollow ataupun nofollow. Menurut anda apakah ada pengaruhnya backlink dofollow dengan nofollow?


Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kadry Tekno Blog - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger