Home » , » ilmuan temukan obat anti bohong

ilmuan temukan obat anti bohong

Zul Kadry | 17.06 | 0 komentar
Headline

dailymail.co.uk
INILAH.COM, London – Kelompok peneliti Estonia mengklaim menemukan cara yang mampu membuat manusia tak bisa berbohong. Bagaimana?
Gangguan magnetik pada otak membuat orang tak bisa berbohong. Peneliti menemukan, ketika magnet dipaparkan pada sisi kanan atau kiridorsolateral prefrontal cortex yang berada tepat di balik dahi, manusia akan mengatakan kebohongan atau kebenaran, tergantung sisi mana yang distimulasi.
“Pilihan spontan untuk berbohong bisa dipengaruhi stimulasi otak,” ujar peneliti Inga Karton dan Tails Bachmann dalam artikelnya di Behavioural Brain Research.
Uji coba melibatkan 16 relawan, setengah diberi stimulasi di sisi kanan prefrontal cortex dan sisanya di kiri.
Kemudian, relawan diberi pilihan, berbohong tentang warna cakram mereka atau mengatakan yang sebenarnya. Hasilnya seperti dikutip Dailymail, diketahui, indera jujur dan bohong tak berdasarkan agama atau filosofi melainkan biologi otak.
“Mengetahui paparan medan magnet mampu mempengaruhi penilaian moral seseorang merupakan hal menakjubkan,” ujar pemimpin studi Dr Liane Young.
Dalam kondisi normal, kebanyakan orang tak bisa menerima perilaku semacam ini.
Namun setelah mendapat paparan magnetik, relawan cenderung merasa tindakan yang diambilnya benar. Pada tahun lalu, peneliti juga menemukan magnet mampu digunakan mengganggu ‘kompas moral’ otak yang juga mendukung hasil studi tersebut.

Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kadry Tekno Blog - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger